Komposisi Kepemilikan Saham Perusahaan Telekomunikasi Di Indonesia

Saya akan merangkum beberapa Komposisi Kepemilikan Saham pada perusahaan Telekomunikasi di Indonesia.


Yang pertama ada PT.Telkom IndonesiaTbk komposisi kepemilikan sahamnya masih didominasi oleh Pemerintah Republik Indonesia sebesar (51.19%) dilanjut dengan saham yang diberikan kepada Publik yaitu seebesar (40.21%) dan sisanya yaitu (8.60%) dimiliki oleh The Bank Of New York dan Investor dalam negri.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Telkom_Indonesia


Yang kedua ada PT.XL Axiata Tbk komposisi kepemilikan sahamnya didominasi oleh pihak asing yaitu Axiata Group Berhad atau Axiata sebesar (66,549%), Axiata awalnya merupakan salah satu pegangan perdagangan dan penyediaan layanan telekomunikasi dan konsultasi dalam skala internasional. Fokus utama mereka sedang pasar negara berkembang di Asia, beberapa dengan penetrasi seluler rendah di Asia Selatan dan Tenggara, sisa sahamnya dimiliki oleh masyarakat/publik sebesar (33.451%).

Sumber :

http://www.xl.co.id/investor-relation/ShareholderInformation

http://id.wikipedia.org/wiki/Axiata


Yang ketiga ada PT.Indosat Tbk komposisi kepemilikan sahamnya sama seperti PT.XL Axiata Tbk lebh di dominasi oleh pihak asing yaitu QTEL Asia / Qatar Telkom Asia adalah penyedia layanan telekomunikasi eksklusif di Qatar memiliki saham sebesar (65%) di PT.Indosat Tbk, disusul oleh Pemerintah Republik Indonesia sebesar (14.29%), Skagen AS (5.57%), dan publik sebesar (15.14%).

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Indosat

http://id.wikipedia.org/wiki/Wataniya_Telecom


Yang ke empat ada PT.AXIS Telekom Indonesia komposisi kepemilikan sahamnya di dominasi juga oleh pihak asing yaitu Saudi Telcom Company perusahaan operator telekomunikasi besar yang bebasis di Arab Saudi memiliki saham Axis sebesar (80.1%), kemudian disusul oleh     operator terbesar di Malaysia yaitu Maxis Communications Berhad sebesar (14.9%).

Sumber :

http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/209532-saudi-telecom-perbesar-saham-kepemilikan-axis


Yang ke lima ada PT.Hutchinson CP Telecommunications (HCPT) atau lebih dikenal produknya yaitu kartu 3 (Three) komposisi kepemilikan sahamnya masih sama di dominasi oleh pihak asing kini dari Hongkong yaitu Hutchison Whampoa adalah perusahaan Investasi yang berbasis di Hongkong memiliki (60%) saham di HCPT dan sisanya (40%) saham dimiliki oleh Charoen Pokphand.

Sumber :

http://www.selular.co.id/direktori/DOperator/2011/03/4/PT.-Hutchison-CP-Telecommunications-%28HCPT%29

http://en.wikipedia.org/wiki/Hutchison_Whampoa

“Kesimpulannya hampir semua perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia di kuasai oleh pihak asing sungguh sangat ironi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s