Cara Membuat Virtual Memori di Windows 7


Untuk Definisi secara lengkap tentang Virtual Memori sobat bisa Googling saja karna terlalu panjang saya Definisikan secara simple dan menggunakan bahasa saya saja, Virtual Memori itu berfungsi untuk membantu kesetabilan PC/Laptop sobat dalam menjalankan semua Aplikasi metode kerjanya begini contoh RAM sobat 1 GB sobat menjalankan Aplikasi banyak seperti CorelDRAW, Photoshop, Music Player, dan berinternetan tentu saja sangat menguras RAM. Nah kalo RAM sobat sudah mencapai 100% dengan menjalankan Aplikasi itu semua tentu sangat berbahaya sedikit pengalaman saja saya pernah Instal PES 2011 dengan spesifikasi RAM nya minimal 2 BG tapi Laptop saya RAM nya hanya 1 GB tentu saja ga kuat tetapi saya mainkan terus PES 2011 nya sampai – sampai Laptop saya langsung mati pas sedang maun PES 2011 karna RAM nya ga kuat untuk menjalankan Game tersebut nah dari situ lah bergunanya Virtual Memori dimana ketika RAM kita mencapai 100% penggunaan dia akan meminta bantuan dari Virtua Memori yang sobat bikin jadi PC/Laptop sobat tidak akan mati seperti saya tadi, perlu sobat ketahui Virtual Memori hanya untuk menyelamatkan Laptop ketika RAM sudah mencapai 100% namun jika RAM sobat masih bisa menangani semua program yang di jalankan Virtual Memori tidak akan berguna walau pun di set hingga 100GB jadi jika RAM sobat sudah 2 GB atau 4 GB tak perlu membuat Virtual Memori yang besar karna semua nya masih mampu dikerjakan oleh RAM 2-4 GB. Jika RAM sobat 1 GB tutorial ini dapat menyelamatkan sobat untuk menjaga kesetabilan PC/Laptop sobat yuu ikuti langkah membuat / menyeting sendiri Virtual Memori di Wndows 7 :

  1. Sobat klik kanan pada Komputer kemudian klik Properties seperti gambar berikut


  2. Kemudian pilih Advanced system setting di bagian kiri


  3. Kemudian klik Setting pada menu Performance


  4. Kemudian klik Advance pada Tab menu dan klik Change


  5. Untuk langkah yang ini sobat harus liat dulu Drive C sobat ukurannya berapa contoh misalnya Drive C: 90 GB nah sobat bisa set 50 untuk keperluan instalasi software dan lain-lain 20 GB untuk ruang bebas dan 20 GB bisa sobat untuk Virtual Memori, gede banget ya Virtual Memori nya 20GB tapi ga apa selagi Drive nya mampu nampung disini saya akan set Virtual memori nya 3 GB dan Maximal nya 4 GB. Pertama hilangkan tanda centang nya kemudian klik Custom size nah masukan Initial size nya = 3000 MB dan Maximum size nya 4000 MB kemudian klik set dan klik OK seperti gambar berikut


  6. Agar setingan berubah sobat harus Restart PC/Laptop sobat baru setingan terganti
  7. Untuk melihat hasilnya sobat bisa gunakan Aplikasi Spaccy buatan Piriform kalo sobat belum punya bisa di Download di link berikut http://www.piriform.com/speccy/download
    Size 4,6 MB
    pake yang Free nya saja sudah cukup ko
  8. Setelah di Download dan di Instal jalankan Aplikasi nya kemudian klik RAM seperti gambar berikut


  9. Nah dapat dilihat tuh perubahan pada Virtual Memori yang tadi sobat lakukan Total Virtual 3.68 GB sama dengan Maximum size yang di set seperti diatas yaitu 4 GB dan Available Virtual 2.45 GB sama dengan Initial size yang di set yaitu 3 GB


  10. Mudah bukan sobat kalo belum ngerti bisa komen di bawah
  11. Atau cara lain adalah melihat ukuran Drive C sobat nih contoh nya

    Sebelum membuat Virtual Memori Size drive C nya 78.1 GB


    Sesudah menbuat Virtual Memori Size Drive C nya 75.7 GB


    Maka akan terpakai sebesar yang sobat masukan di Initial size tadi yaitu -3 GB

‘Semoga berhasil’

Kutipan

Hargailah si pembuat blog dengan cara mencantumkan linknya https://wahyurizkyllah.wordpress.com ketika anda mengcopy paste artikel mereka, OK kawan !

2 thoughts on “Cara Membuat Virtual Memori di Windows 7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s