TELEKOMUNIKASI

Berhubung gue kuliah dengan pokus ke telekomunikasi disini gue posting mengenai sedikit hal tentang TELEKOMUNIKASI aja ga ada ide nih malem2 gini mau posting apaan hhe J.

TELEKOMUNIKASI adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi dari satu tempat ketempat lain.

Bentuk komunikasi jarak jauh dapat di bedakan 3 macam :

  1. Komunikasi satu arah (simplek)

Yaitu pengiriman dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contohnya : pager, televisi, dan radio.

  1. Komunikasi dua arah (duplek)

Yaitu pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi dengan saling berhubungan satu sama lain melalui media yang sama. Contohnya : telepon dan VOIP.

  1. Komunikasi semi dua arah (half duplek)

Yaitu pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berhubungan. Contohnya : handy talkie, FAX, dan chat room.

Komponen – komponen yang mendukung terjadinya telekomunikasi yaitu adanya informasi, pengirim, media transmisi, dan penerima.

Informasi     : merupakan data yang dikirim atau diterima. Seprti suara, gambar, file, dan suara.

Pengirim     : merubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap untuk dikirim.

Media tranmisi    : alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima, dan juga alat yang merubah sinyal pengiriman agar dapat dikirim kepada penerima.

Penerima     : menerima sinyal listrik dan merubah kedalam informasi yang dapat di pahami oleh manusia atau yang sesuai dengan yang dikirimkan.

Model perubahan sinyal listrik

  1. Model pertama mengubah iformasi ke sinyal analog dimana sinyal berbentuk gelombang listrik yang Kontinue kemudian dikirim oleh media transmisi.
  2. Model kedua adalah sinyal digital, dimana setelah informasi diubah menjadi sinyal analog kemudian diubah lagi menjadi sinyal yang terputus-putus(discrete). Sinyal yang terputus-putus dikodekan dalam sinyal digital yaitu sinyal “0” dan”1″.

Dalam pengiriman sinyal melalui media transmisi, sinyal analog akan terkena gangguan, sehingga disisi penerima sinyal tersebut terdegradasi.

Sementara untuk sinyal digital, selama gangguan tidak melebih batasan yang diterima, sinyal masih diterima dalam kualitas yang sama dengan pengiriman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s